Pengembangan Produk Pariwisata Di Kampung Kriyan Barat Kota Cirebon
Main Article Content
Abstract
Kota Cirebon adalah salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki tujuan pembangunan pariwisata sebagai lokomotif ekonominya. Salah satu wilayah yang dijadikan sebagai salah satu pengembangannya adalah Kampung Kriyan Barat. Kampung ini telah menjadi salah satu target wilayah pembangunan berbasis masyarakat yang dapat terlihat dari adanya CSR dari salah satu perusahaan di Korea Selatan. Tujuan dari studi ini adalah untuk dapat memberikan masukan atas informasi potensi kepariwisataan kampung Kriyan Barat yang dapat dijadikan dasar Upaya pengembangan pepariwisataan kampung Kriyan Barat menjadi Kampung Wisata unggulan di Kota Cirebon. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil hasil dari penelitian 1) Identifikasi kondisi fisik alam Kampung Wisata Tepi Kali Kriyan Barat.2).Identifikasi potensi wisata Kampung Wisata Tepi Kali Kriyan Barat.3).Identifikasi kebutuhan prasarana dan sarana pendukung pengembangan daya tarik wisata Kampung Wisata Tepi Kali Kriyan Barat.4).Pengembangan daya tarik dan aktivitas wisata dan 5) h.strategi pengembangan Kampung Wisata Tepi Kali Kriyan Barat sebagai daya tarik wisata unggulan di Kota Cirebon.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License by SA that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ashworth and Goodal, l990.(eds) 1990, Marketing Tourism Place, London : Routledge.
Bagyono. 2005. Pengetahuan Dasar Pariwisata & Perhotelan, Alfabeta, Bandung.
Chandra Aditiawan, 2007. Promosi Wisata Daerah http://www.kalisari.org/ potensi/ promosi-wisata-daerah.
Endar Sugiarto, 1996. Pengantar Akomodasi dan Restoran Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Fridgen, J. 1991. Dimensions of Tourism. East Lansing, MI: Educational.
Hasan Taswin. 1996. Mengoptimalkan Sektor Kepariwisataan Sebagai salah satu Sumber Devisa. Jurnal Ilmu dan Wisata, edisi Oktober, Jakarta : Pusat Penelitian Pariwisata Indonesia.
John L. Clarke. 1981. Educational Development: A Select Bibliography. London: Kogan Page, New York.
Lawson, 1976. The Buswiness of Tourism, Pitman Publishing. London : Longman Group.
Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2011. Tentang Rencanan Induk Pembangunan Pariwisata Nasional Tahun 2010-2025.
Spilane, James J. 1994. Pariwisata Indonesia. Yogyakarta : Kanisius.
Undang-Undang Republik Indoneisa Nomor 10 Tahun 2009, Tentang Kepariwisataan.
Wahab, Salah 1998, Manajemen Kepari-wisataan, Jakarta.
Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata Bandung Angkasa.
Yoeti, Oka A. 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Paramita Jakarta.
Yoeti, Oka A. 2000. Ilmu Pariwisata : Sejarah, Perkembangan dan Prospek, PT Perca Jakarta.
Yoeti, Oka A. 2006. Ekonomi Pariwisata : Informasi, Introduksi dan Aplikasinya, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.