Promotion Strategy for Attracting Visitors (Case Study of Pesona Nagari Pariangan Event)
Abstract
Abstract
Promotional strategies are used as a way to attract visitors to organized events. Through the development of an increasingly dynamic digital era, making online promotions is one of the most effective ways. Through social media, the opportunity to interact with visitors becomes closer, So the promotion carried out can be matched with the target. Pesona Nagari Pariangan is an event carried out by the local government of Tanah Datar Regency West Sumatera, Indonesia, with the satu Nagari satu event program. The Pesona Nagari Pariangan event used social media Instagram to attract visitors because it is considered more effective and innovative than other media. This study examines the promotion strategy for organizing the Pesona Nagari Pariangan event. The type of research used is descriptive qualitative to answer the phenomenon of the promotion strategy carried out at the Pesona Nagari Pariangan event. The method used is a case study by conducting in-depth interviews. This study allows researchers to discuss the promotional strategies used by the Pesona Nagari Pariangan Event organizers to increase the number of visitors. The results showed the success of the Pesona Nagari Pariangan event in utilizing Instagram social media as a promotional strategy because Instagram is a social media that is currently widely used by many people. In addition, Instagram social media was chosen because of its relatively affordable cost with a large amount of information content.
Keywords: Strategies, Promotional, Pariangan, Event
Abstrak
Strategi promosi digunakan sebagai cara untuk menarik pengunjung dalam menyelenggarakan event. Melalui perkembangan era digital yang semakin dinamis, membuat promosi secara online menjadi salah satu cara yang paling efektif. Melalui media sosial, kesempatan untuk berinteraksi dengan pengunjung menjadi lebih dekat. Sehingga promosi yang dilakukan dapat sesuai dengan target. Pesona Nagari Pariangan merupakan event yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Indonesia dengan program satu nagari satu event. Event Pesona Nagari Pariangan menggunakan media sosial Instagram untuk menarik pengunjung karena dinilai lebih efektif dan inovatif dibandingkan media lainnya. Penelitian ini mengkaji tentang strategi promosi dalam penyelenggaraan event Pesona Nagari Pariangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menjawab fenomena strategi promosi yang dilakukan pada event Pesona Nagari Pariangan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam. Kajian ini memungkinkan peneliti untuk membahas mengenai strategi promosi yang digunakan oleh penyelenggara event Pesona Nagari Pariangan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan event Pesona Nagari Pariangan dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai strategi promosi karena Instagram merupakan media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh banyak orang. Selain itu, media sosial Instagram dipilih karena biayanya yang relatif terjangkau dengan kandungan informasi yang besar.
Kata Kunci: Strategi, Promosi, Pariangan, Event