Pengembangan Produk Suvenir sebagai Pendukung Wisata Edukasi Sejarah Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang untuk Kelompok Masyarakat Padukuan Beku di Kabupaten Kulon Progo
Main Article Content
Abstract
Makam Pahlawan Nasional adalah salah satu potensi media pembelajaran yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata edukasi sejarah. Belum banyak Makam Pahlawan Nasional yang dikembangkan dengan kreatif sehingga memunculkan paket wisata beserta produk turunannya seperti suvenir yang bisa menyejahterakan ekonomi masyarakat lokal. Artikel ini membahas pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan untuk kelompok masyarakat di Padukuhan Beku, Kalurahan Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo yang berlangsung selama enam bulan yang berfokus mendampingi pengembangan suvenir sebagai pendukung wisata edukasi sejarah di Makam Nyi Ageng Serang. Hasil dari pengabdian ini adalah dimilikinya produk suvenir kuliner keripik dan lanting serta suvenir lain seperti gantungan kunci, kaos, dan stiker yang diharapkan bisa menjadi tambahan sesuatu yang bisa dibeli (something to buy) wisatawan atau peziarah yang berkunjung ke Makam Nyi Ageng Serang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ahdanil, M., Syafwandi, M. S., & Awrus, S. (2018). Rebranding Identitas Visual Wisata Pulau Angso Duo Kota Pariaman. Serupa The Journal of Art Education, 6(2). 1-18. https://doi.org/10.24036/sr.v6i2.9136
Agustina, A. (2023). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Dalegan Kabupaten Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika). Retrieved from https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7234/
Cahyo, F. D., Arta, K. S. & Purnawati, D. M. O. (2019). Makam Bung Karno di Bendogerit Sananwetan Blitar Jawa Timur (Sejarah, Sosial Ekonomi Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Man Kota Blitar). Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjps.v7i2.14668.
Carey, P. (2015) Takdir: Riwayat Pangerang Diponegoro (1785-1855), Jakarta: Kompas.
Chaerulsyah, E. (2014). Persepsi Siswa Tentang Keteladanan Pahlawan Nasional Untuk Meningkatkan Semangat Kebangsaan. Indonesian Journal of History Education, 3(1). 1-5. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3875
Dari, W., Pramudawardhani, I., & Andriyanto, A. (2021). Perjuangan dan Kegigihan Nyai Ageng Serang dalam Perang Diponegoro Tahun 1825-1830. Keraton: Journal of History Education and Culture, 3(2), 85-102. https://doi.org/10.32585/keraton.v3i2.2692
Dresler, E. (2022). Dark suveniring: Just a souvenir or something more complex. Journal of Marketing Management (JMM), 38(17-18), 2114–2134. https://doi.org/10.1080/0267257X.2022.2088601
Dumbrovska´, V., & Fialova´, D. (2020). The city of one hundred souvenir shops: authenticity of suvenirs in Prague. Journal of Tourism and Cultural Change, 18(2), 187–200. https://doi.org/10.1080/14766825.2019.1606228
Haka, M. (1976) Dunia Nyi Ageng Serang: Wanita Pejuang Bangsa. Jakarta: Kinta. Harsono, C. L. (2016). Perancangan Merchandise Sebagai Media Promosi Tempat Wisata Kolam Renang Marina Semarang (Doctoral dissertation, Program Studi Desain Komunikasi Visual FTI-UKSW). Retrieved from https://repository.uksw.edu/handle/123456789/10445
Hendriyana, H., Kudya, K., & Atamtajani, A. (2020). Designing Marine-Park-Inspired Batik Patterns and Their Application on Masks as Pangandaran Tourism Souvenirs during Covid-19 Pandemic. Journal of Urban Society’s Arts, 7(2). 74-82. https://doi.org/10.24821/jousa.v7i2.4502
Hidayah, D. (2014) Pemanfaatan Situs-Situs Megalitik Di Desa Kamal Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Sebagai Obyek Wisata Budaya. Skipsi Sarjana, Universitas Jember. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22758
Hidayatullah, F. A., & Suminar, T. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Candi Plaosan Melalui Program Desa Wisata Untuk Kemandirian Ekonomi di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Lifelong Education Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59935/lej.v1i1.4
Hutagaol, S. (2015) Pemanfaatan Situs Makam Sisingamangaraja Xii Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah dalam Materi Perlawanan Bangsa Indonesia Menentang Dominasi Asing di SMA Balige. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/18465/
Istiqomah, L.G. & Sabardila, A (2023) Pemanfaatan Museum Patiayam Sebagai Wisata Edukasi di Kudus, Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 327-338. http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.9649
Kristina, Y. N. (2019). Peran Nyi Ageng Serang dalam perang Jawa tahun 1825-1830 sebagai pengembangan materi sejarah indonesia madya, Skripsi Sarjana, Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/68001/
Li, F., & Ryan, C. (2018). Souvenir shopping experiences: A case study of Chinese tourists in North Korea. Tourism Management, 64, 142–153. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.08.006
Malichatunafiah, N. I. M. (2006). Nyi Ageng Serang Ajaran dan Perjuangannya (1752-1828 M) (Disertasi Doktoral, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52567/
Ponimin., Isa, B. B., & Sari, A. A. (2021). Tourism Souvenir Ceramics Craft Creation: Design Inspiration of Malang Local Artefact Culture. KnE Social Sciences, 5(6), 288-294. https://doi.org/10.18502/kss.v5i6.9213
Prilosadoso, B. H., Sutedjo, A., & Soewasta, M. (2017). Media Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Melalui Teknologi Cetak Saring Untuk Pembuatan Suvenir Sebagai Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan Di Desa Wisata Betisrejo, Sragen. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 99-108. http://dx.doi.org/10.26887/bt.v2i2.353
Su, L., Lai, Z., & Huang, Y. (2023). How do Tourism Souvenir Purchasing Channels Impact Tourists’ Intention to Purchase? The Moderating Role of Souvenir Authenticity. Journal of Travel Research, 00472875231195062. https://doi.org/10.1177/00472875231195062
Suputra, P. E. D (2014) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Spiritual Tour Guide di Kawasan Pura Pulaki, Widya Laksana, 3(1). 1-13. https://doi.org/10.23887/jwl.v3i1.9146
Swanson, K. K. (2004). Tourists’ and retailers’ perceptions of souvenirs. Journal of Vacation Marketing, 10(4), 363–377. https://doi.org/10.1177/135676670401000407
Zamhari, A. (2016) Manajemen Pemanfaatan Makam Ki Ranggo Wirosentiko sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah, Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan, 14(3). 39-54. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1083