Strategi Pengembangan Konten Promosi Curug Cibingbin Melalui Metode SOAR

Main Article Content

Alfen Triastanti
Rezka Fedrina
Gebby Melinda

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis potensi pariwisata Desa Wisata Sukamandi di Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis SOAR. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pejabat desa kunci termasuk Kepala Desa dan ketua Pokdarwis, serta survei terhadap 50 tokoh masyarakat, ditambah dengan tinjauan literatur. Meskipun memiliki potensi yang beragam, Desa Wisata Sukamandi belum dikelola secara optimal. Atraksi desa yang menonjol, Curug Cibingbin, awalnya menarik banyak pengunjung namun mengalami penurunan selama pandemi COVID-19. Faktor utama yang membatasi jumlah pengunjung termasuk kurangnya promosi, fasilitas yang belum memadai, dan rendahnya minat lokal. Studi ini menyarankan bahwa optimalisasi potensi pariwisata Sukamandi memerlukan fokus pada kekuatan yang dimiliki, penyesuaian usaha dengan aspirasi masyarakat, dan pengembangan paket tur yang dipromosikan dengan baik. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik Curug Cibingbin dan menjadikan Sukamandi sebagai destinasi wisata berkelanjutan berbasis komunitas yang memberikan manfaat positif bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Article Details

How to Cite
Triastanti, A., Fedrina, R., & Melinda, G. (2024). Strategi Pengembangan Konten Promosi Curug Cibingbin Melalui Metode SOAR. Masyarakat Pariwisata : Journal of Community Services in Tourism, 5(1), 76–83. https://doi.org/10.34013/mp.v5i1.1523
Section
Articles

References

Aziz, K. F. (2023). Pengembangan potensi obyek wisata air terjun Nglirip Kabupaten Tuban. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1) 92-103. https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.727

Berutu, F. (2023). Strategi pengembangan destinasi wisata tangga seribu delleng sindeka sebagai daya tarik wisata kabupaten pakpak bharat sumatera utara. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(1), 132-140. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.58331

Deru, S., Leha, E., & Penu, Y. P. (2022). Persepsi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Wisata Air Terjun Ogi Di Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. JURNAL EQUILIBRIUM, 2(1), 24-35. https://doi.org/10.37478/jeq.v2i1.3976

Fajrin, N. Z., & Nawangsari, E. R. (2023). Pendekatan SOAR Dalam Strategi Pengembangan Wisata. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 12(1), 1-12. https://doi.org/10.35724/sjias.v12i1.4489

Insani, N., A’rachman, F. R., Sanjiwani, P. K., & Imamuddin, F. (2019). Studi kesesuaian dan strategi pengelolaan ekowisata Pantai Ungapan, Kabupaten Malang untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(1), 49-58. http://dx.doi.org/10.17977/um022v4i12019p049

Latupapua, Y. T. (2011). Persepsi masyarakat terhadap potensi objek daya tarik wisata pantai Di Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Agroforestri, 6(2). 92-102

Manalu, S. H. (2020). Strategi pengembangan daya tarik wisata air terjun di desa sambangan. Media Wisata, 18(2), 185-194. https://doi.org/10.36276/mws.v18i2.99

Komesty, E., Rusmana, O., Artania, N. R., & Rizkia, Z. Z. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mengembangkan Potensi Wisata di Desa Wisata Dayeuhkolot, Kabupaten Subang. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 3(1), 36-42. https://doi.org/10.34013/mp.v3i1.630

Sugiartia, W. S. (2023). Analisis Soar (Strength, Opportunity, Aspiration & Result) Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Digital Market. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 25-34. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i2.1431