Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tema Kata Kerja Pronominal
Main Article Content
Abstract
Saat ini, pembelajaran berkelompok siswa cenderung memiliki beberapa dampak negatif yang sebetulnya hal tersebut bisa dihindari jika guru lebih dapat mempersiapkan serta menyusun metode kerja kelompok yang baik. Salah satu metode yang dapat digunakan ialah cooperative learning dengan model Numbered Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran di mana setiap putarannya terdiri atas empat tahap yaitu; rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu Siklus I (53%), Siklus II (75%), dan Siklus III (89%). Hasil rata-rata nilai Siklus I (70,14), Siklus II (74,58), dan Siklus III (80,42). Dengan demikian, dalam penelitian ini metode kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPA-4 SMAN 6 Cimahi, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Perancis.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License by SA that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).