Penerapan Teknik Shadowing dengan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Perancis

Main Article Content

Wulan Dwi Andani
Soeprapto Rakhmat
Yadi Mulyadi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian yang dilakukan oleh Wardhana (2018) dan Puspita (2016). Dalam penelitian ini, teknik shadowing dengan media audiovisual digunakan dengan tujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan hasil pembelajaran berbicara sebelum dan sesudah diterapkannya teknik tersebut, serta untuk memperoleh data perihal tanggapan siswa terhadap teknik tersebut dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan pola one group pre-test – post-test. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari hasil prates dan pascates kemampuan berbicara bahasa Perancis. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data statistik mengenai nilai uji t dengan hasil analisis data yang didapatkan dari nilai rata-rata prates adalah 68,9 dan nilai rata-rata pascates mencapai 85,6. Dengan demikian, kemampuan berbicara siswa meningkat 16,8% setelah diterapkannya teknik shadowing. Dari hasil tersebut didapatkan nilai thitung 12,49 dengan db=30. Maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ttabel sebesar 2,04 < thitung sebesar 12,49 untuk taraf signifikansi 5% dan nilai ttabel sebesar 2,75 < thitung sebesar 12,49 untuk taraf signifikansi 1%. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel yang artinya hipotesis kerja (Hk) diterima. Hal tersebut berarti penggunaan teknik shadowing dapat meningkatkan pembelajaran berbicara bahasa Perancis.

Article Details

Section
Articles