Pengembangan Mata Air Ciburial Di Kawasan Agrowisata Gunung Mas Menjadi Wellness Tourism Di Pt. Perkebunan Nusantara Viii Cisarua – Bogor

Main Article Content

Sri Pujiastuti
Sugiarto Sugiarto
Hengki Hermantoro

Abstract

Wisata kebugaran atau wellness tourism, merupakan salah satu wisata yang saat ini sudah menjadi tren. PT. Perkebunan VIII adalah agrowisata Gunung Mas yang mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi wisata kebugaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya kunjungan wisatawan yang datang ke Gunung Mas dan untuk mengetahui faktor internal dan external. Desain yang digunakan adalah kualitatif dengan metode probality sampling. Informan yang digunakan sebanyak 30 informan. Analisis data yang digunakan adalah matriks IE dan Matriks SWOT. Dan hasil dari analisa SWOT. Dengan potensi untuk dikembangkan yaitu Mata air Ciburial dan atraksi paralayang sebagai faktor strenght dan weakness dan fasilitas yang dikembangkan dan dibantu oleh stake holder dengan tujuan menghasilkan peluang lapangan pekerjaan karena munculnya potensi bisnis sekitar Gunung Mas. Dari hasil wawancara dan observasi maka dapat disimpulkan bahwa, Gunung Mas berpotensi menjadi wisata kebugaran, maka tren wisata berubah dari mass tourism menjadi wisata dengan minat khusus.

Article Details

Section
Articles