Pengaruh Food Quality, Restaurant Atmosphere, Price Terhadap Customer Satisfaction dan Implikasinya Terhadap Customer Loyalty Pada Restoran di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian mengenai bagaimana melihat permasalahan pada restoran di Kabupaten Bogor untuk mencapai suatu kepuasan pelanggan serta terciptanya suatu Customer Loyalty dilihat dari berbagai aspek yaitu, 1). Kualitas makanan, 2). Variasi makanan, 3). Variasi minuman, 4). Kualitas pelayanan, 5). Sikap dan keramahan karyawan, 6). Kualitas suasana, dan 7). Aspek Kebersihan. Komponen – komponen tersebut menjadi pembentuk kepuasan pelanggan yang menjadi fokus penelitian ini. Untuk itu, penelitian ini membahas tingkat pengaruh antara kualitas makanan dan dinescaspe terhadap kepuasan pelanggan Restoran di Kabupaten Bogor. Pengujuan tingkat pengaruh antar komponen tersebut mempunyai tingkat urgensi yang tinggi pada industry restoran mengingat persaingan bisnis di bidang restoran semakin kompetitif dalam memenuhi kebutuhan pengalaman wisatawan di Kabupaten Bogor. Penelitian terdahulu banyak yang melakukan penelitian bagaimana pengaruh makanan, layanan, dan image restaurant terhadap kepuasan seperti peneliti Kisang Ryu, Hyerin Lee, dan Woo Gon Kim (2012), Jay Kandampully, dan Hsin Hui (2007). Pada umumnya kajian – kajian tersebut belum ada yang mengkaitkan secara comprehensive sesuai tema penelitian ini. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatori, yaitu penelitian yang bertujuan menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lain atau bagaimana suatu mempengaruhi variabel lain. Penelitian ini mengambil populasi data tamu yang peneliti sebarkan kuesionernya selama 5 bulan terakhir yaitu jumlah atau dari periode bulan Agustus -Desember. Jumlah populasi pada penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh peneliti adalah 7.954 pelanggan dengan ukuran Sample 381 memakai rumus Slovin.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License by SA that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Kotler dan Amstrong. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Jang. (2007). Does Food Quality Really Matter in Restaurants? Its Impact on Customers Statisfaction and Behavioral Intention. Jurnal of Hospitaly and Tourism Research, 1-17.
Sparks, B. (2015). Retaurant As A Contributor To Tourist Destination Attractiveness.
Journal of CRC for Sustainable Tourism, 1-21.
Wilianto, V. (2012). Pengaruh Physical Environment Terhadap Customer Satisfaction Yang Membentuk
Behavioral Intention Di Domi Deli Restaurant Surabaya : Aplikasi Skala Pengurkuran Dinescape. Jurnal Universitas Petra, 72-78.
Edith, I. N. (2012). Food Quality Control. Journal Of Agricultural, 422-435. Margaretha. (2012). Analisa
Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap
Keputusan Pembeli Roti KEcik Toko Roti Ganep's Di Kota Solo. Manajemen Pemasaran, 34-52.
Al-Tit, A. (2015). The Effect of Service and Food Quality on Customer Satisfaction and Hence Customer
Retention . Journal Of Business Administration Department, College of Business & Economics (CBE), Qassim University, 129- 139.
Fadhilah, S. N. (2015). The Influence of Service Quality and Food Quality Towards Customer Fulfillment
and Revisit Intention. Journal Of Social Science CS Canada, 110-116.
Almohaimmeed, B. M. (2017). Restaurant Quality and Customer Satisfaction.
International Review of Management and Marketing, 42-49.
Rozekhi, N. A. (2016). The Influence of Food Quality on Customer Satisfaction in Fine Dining Restaurant:
Case in Penang. International Academic ResearchJournal of Business and Technology, 45-50.
Mohaydin, G. (2017). Effect of Food Quality on Customer Perceived Satisfaction Level and Mediating Effect
of Food Safety on Them. International Journal of New Technology and Research, 34-41.
Marthianus, J. (2015). Pengaruh Restoran Atmosfer, Kualitas Makanan Dan Kualitas Layanan Terhadap
Perveived Value Konsumen Restoran De Soematra, Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, 200-216. Ismoyo, D. D. (2010). Pengaruh Variasi Menu dan Citarasa Makanan Buffet Dinner Terhadap Keupasan Tamu Restoran Gris Di Crowne Plaza Semarang. Jurnal Gemawisata, 66-73.
Evirasanti, M. (2016). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap
Kepuasan Dan Behavioural Intentions. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4331-4358.
Tanuwidjaja, G. (2015). Persepsi Mahasiswa Terhadap Atmosfer Tempat Makan Yang Menggugah Selera
Terhadap Makanan Tradisional. Jurnal Arsitektur Universitas Petra, 29-36.
Dahmer, S. (2009). Restaurant Service Basics. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Sukmana, Y. (2017, 10
. 3 Tahun Jokowi-JK, Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar Kedua. Retrieved 01 19, 2018,
From ekonomi.kompas.com: https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/17/220236426/3 tahun-jokowi-jk- pariwisata-sumbang-devisa-terbesar-kedua
Wahab, S. (2003). Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: PT Pradana Paramita.
Pitana, I. G. (2005). Sosiologi Pariwisata, Kajian Sosiologis Terhadap Struktur, Sistem dan Dampak-dampak
Pariwisata. Yogyakarta: Ando Offset.
Puspitasari, S. (2011). Potensi Wisata Agro Kabupaten Bandung Berdasarkan Aspek Permintaan dan
Penawaran. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 33-48. ADP2N Kemenpar. (2017). Analisis Pasar WIsatawan Nusantara Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Middleton, V. (2001). Marketing in Travel and Tourism 3rd Edition. Bodmin: MPG Books Ltd.
Bitner dan Zeithaml. (2003). Service Marketing. New Delhi: McGraw Hill.
Kotler. (2006). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Indeks Gramedia.
Lovelock, C. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga. Kurniawan, E. (2015).
Pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan Pada Kepasan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Korea "Myoung Ga" Di Surabaya Dengan Peran Moderasi Atmosfer. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 12-23.
Almatsier, S. (2002). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Jakarta. Hersanti, N. J. (2012).
Pengaruh Atmosfer Terhadap Kepuasan dan Niatan Perlikau KOnsumen di Toko Oen Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10, 773- 780.
Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan
Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1-9.
Zeinthaml, V. (2009). Service Marketing 5Th Edition. Singapore: The McGraw-Hill Companies, Inc. Tanjaya,
S. C. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Makanan, Pelayanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Cabal Dining. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 99-108.
Ryu, K. (2005). Dinescape, Emotions and Behavioral Intentions In Upscale Restaurants. Journal Doctor Of
Philosophy, 166-179. Anggra, D. (2014). Analisa Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Niat Berperilaku Melalui Emosi Konsumen Di Domicile Kitchen and Lounge Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 112-123.
Hamsiati, dalam Jurnal Kepariwisataan 'Pengaruh Hospitality Pendekatan Soft Skill Karyawan Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Hotel di Kota Makassar dan Pare-Pare' 2020 Sulawesi Selatan journal.stp-bandung.ac.id/index.php/jk/article/view/39