Karakteristik Ragam Bahasa Penjual Pembeli dalam Grup Jual Beli di Facebook

Main Article Content

Bella Purba
Atiqa Sabardilla

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan pola karakteristik ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook, kemudian mendesripsikan ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data  yang diambil berupa kalimat dan paragraf. Sumber data penelitian ini yaitu grup jual beli yang ada di Facebook. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik simak catat. Data divalidasi dengan teknik triangulasi teori. Kemudian data dianalisis dengan metode agih dengan teknik baca markah dan  metode padan  referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua karakteristik ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook yaitu menggunakan kata monggo dan kata ready untuk menawarkan barang yang dijualnya. Adapun bahasa yang digunakan yaitu bahasa Indonesia ragam takbaku, bahasa daerah (jawa) dan bahasa asing (Inggris). Sedangkan bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook yaitu menggunakan ragam bahasa tidak baku. Adapun bahasa yang digunakan dalam penawarannya berupa campuran bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Jawa.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Fujiastuti, Ariesty. (2014). Ragam Bahasa Transaksi Jual Beli Di Pasar Niten Bantul. Bahastra, 32(1), 15–34. https://doi.org/10.26555/bahastra.v32i1.3240

Ghofur, A. (2013). Analisis Ragam Tuturan Para Pelaku Pasar Kabupaten Pamekasan (Studi Sosiolinguistik Penggunaan Variansi Sapaan). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 10 (2). http://tempojs2.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/article/view/171

Hariadi, T. (2014). Penggunaan Bahasa Dalam Transaksi Jual Beli Di Warung “Bude Sarmi” Jalan Surya Utama Jebres Surakarta (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Lisan di Luar Kelas). Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 253–266. http://lppm.iklippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/articel/viewFile/170/168

Jazeri, M. J., Zullina, D. N., & Maulida, S. Z. (2019). Ragam Bahasa Dalam Transaksi Jual-Beli Di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 22–35. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i1.9622

Kartikasari, R. D. (2016). Ragam Bahasa Pedagang Kaki Lima Di Terminal Purabaya Surabaya: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Buana Bastra,3 (9), 11–19.

Kurniawati, dan Herdiana. (2021). Karakteristik Bahasa Komunitas Jual Beli Online Di Media Sosial Instagram. Jurnal Diksatrasia. 5 (1), 130–145.

Kusumawati, Devi. 2014. Karakteristik Penggunaan Bahasa pada Transaksi Jual Beli di Toko Online: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Oxtavianus, A., & Margono, H. (2015). Triangulasi dalam Evaluasi Pascadiklat : Aplikasi pada Evaluasi Pascadiklat Fungsional Statistisi. Proceeding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Nasional Ke-2 Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Provinsi Banten Pandeglang, 16–23. https://juliwi.com/published/E0205/PITIWI2-3.pdf

Rohani, Y. R., & Pujiati, T. (2018). Ragam Bahasa Lisan Penjual dan Pembeli di Pasar Serpong Kota Tangerang Selatan (Kajian Sosiolinguistik). Eufoni, 2(1), 1–12.

Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multi Kultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulianto, E., Hilaliyah, H., & Chadis, C. (2019). Penggunaan Bahasa Pada Transaksi Jual Beli di Toko Dalam Jaringan (Daring) (Kajian Sosiolinguistik). Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 99. https://doi.org/10.33603/deiksis.v6i1.1202