Karakteristik Ragam Bahasa Penjual Pembeli dalam Grup Jual Beli di Facebook
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan pola karakteristik ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook, kemudian mendesripsikan ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diambil berupa kalimat dan paragraf. Sumber data penelitian ini yaitu grup jual beli yang ada di Facebook. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik simak catat. Data divalidasi dengan teknik triangulasi teori. Kemudian data dianalisis dengan metode agih dengan teknik baca markah dan metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua karakteristik ragam bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook yaitu menggunakan kata monggo dan kata ready untuk menawarkan barang yang dijualnya. Adapun bahasa yang digunakan yaitu bahasa Indonesia ragam takbaku, bahasa daerah (jawa) dan bahasa asing (Inggris). Sedangkan bahasa yang digunakan penjual dan pembeli dalam grup jual beli di Facebook yaitu menggunakan ragam bahasa tidak baku. Adapun bahasa yang digunakan dalam penawarannya berupa campuran bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Jawa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License by SA that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Fujiastuti, Ariesty. (2014). Ragam Bahasa Transaksi Jual Beli Di Pasar Niten Bantul. Bahastra, 32(1), 15–34. https://doi.org/10.26555/bahastra.v32i1.3240
Ghofur, A. (2013). Analisis Ragam Tuturan Para Pelaku Pasar Kabupaten Pamekasan (Studi Sosiolinguistik Penggunaan Variansi Sapaan). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 10 (2). http://tempojs2.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/article/view/171
Hariadi, T. (2014). Penggunaan Bahasa Dalam Transaksi Jual Beli Di Warung “Bude Sarmi” Jalan Surya Utama Jebres Surakarta (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Lisan di Luar Kelas). Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 253–266. http://lppm.iklippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/articel/viewFile/170/168
Jazeri, M. J., Zullina, D. N., & Maulida, S. Z. (2019). Ragam Bahasa Dalam Transaksi Jual-Beli Di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 22–35. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i1.9622
Kartikasari, R. D. (2016). Ragam Bahasa Pedagang Kaki Lima Di Terminal Purabaya Surabaya: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Buana Bastra,3 (9), 11–19.
Kurniawati, dan Herdiana. (2021). Karakteristik Bahasa Komunitas Jual Beli Online Di Media Sosial Instagram. Jurnal Diksatrasia. 5 (1), 130–145.
Kusumawati, Devi. 2014. Karakteristik Penggunaan Bahasa pada Transaksi Jual Beli di Toko Online: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Oxtavianus, A., & Margono, H. (2015). Triangulasi dalam Evaluasi Pascadiklat : Aplikasi pada Evaluasi Pascadiklat Fungsional Statistisi. Proceeding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Nasional Ke-2 Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Provinsi Banten Pandeglang, 16–23. https://juliwi.com/published/E0205/PITIWI2-3.pdf
Rohani, Y. R., & Pujiati, T. (2018). Ragam Bahasa Lisan Penjual dan Pembeli di Pasar Serpong Kota Tangerang Selatan (Kajian Sosiolinguistik). Eufoni, 2(1), 1–12.
Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multi Kultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulianto, E., Hilaliyah, H., & Chadis, C. (2019). Penggunaan Bahasa Pada Transaksi Jual Beli di Toko Dalam Jaringan (Daring) (Kajian Sosiolinguistik). Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 99. https://doi.org/10.33603/deiksis.v6i1.1202