Variasi Tindak Ilokusi dalam Tuturan Food Vlogger Farida Nurhan di YouTube

Main Article Content

Eni Nurhayati
Anggik Budi Prasetiyo

Abstract

Seorang food vlogger dapat menggunakan berbagai tindak tutur ilokusi dalam rangka memengaruhi khalayak umum agar tertarik dengan konten yang sedang ditayangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi yang digunakan oleh seorang food vlogger. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan klausa yang diindikasikan mengandung tindak tutur ilokusi di dalamnya. Data penelitian bersumber dari ujaran atau tuturan food vlogger bernama Farida Nurhan di media YouTube. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan memberdayakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan pragmatik dengan memberdayakan teori tentang tindak tutur. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa terdapat empat jenis tindak tutur ilokusi, yaitu 1) tindak tutur asertif yang memiliki fungsi pragmatis memberitahu/menginformasikan, (2) tindak tutur direktif yang memiliki fungsi pragmatis menyarankan, menyuruh, meminta, dan mengingatkan, (3) tindak tutur komisif yang memiliki fungsi pragmatis menjanjikan dan memanjatkan do’a, (4) tindak tutur ekspresif yang memiliki fungsi pargamatis memuji, menyindir dan mengeluh.

Article Details

Section
Articles

References

Krisnadi, D. (2019). Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif pada Vlog Diary of Erix Soekamti: Suatu Tinjauan Pragmatik. Nuansa Indonesia: Jurnal Ilmu Bahasa, Sastra, dan Filologi, 21(1): 78-93.

Leech, G. (1983). Principles of Pragmatics. London: Longman.

Nurhan, Farida. (2021). “Spektakuler!!! Mabok Mangut Lele Kuah Lombok Nomor Satu di Jogja!!!”. https://youtu.be/bYYPRGkgcOk, diakses 7 April 2021.

Nurhan, Farida. (2021). “Apa??!! Nasi Goreng Kuah Tongseng di Tengah Kota??!! Masaknya Pake Arang… Jawara!!”. https://youtu.be/jem11eI6yIU, diakses 7 April 2021.

Nurhan, Farida. (2021). “Sangar!! Sukses Jualan Pedas, Ibu Darmi Koleksi Emas!!! Yang Nonton Langsung Panas”. https://youtu.be/U-lFwU5RGVI, diakses 7 April 2021.

Nurhan, Farida. (2021). “Garut Banget!!! Micinnya Juara!!! Cabe Segar-Cabe Kering di Siram Semua”. https://youtu.be/xHZbutjBryA, diakses 10 April 2021.

Nurhan, Farida. 2021. “Mie Ayam Sunja Turun Tahta!!! Saatnya Merapat ke Mie Ayam Dewa”. https://youtu.be/sv6aSJDEz7k, diakses 10 April 2021.

Prasetiyo, A. B. (2021). Kata Kasar dan Makian dalam Tuturan Cak Percil di YouTube. Genta Bahtera: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 7(1): 70-81.

Prasetiyo, A. B., Muji, Widjajanti, A. (2022). Implikatur Tuturan Pramuniaga Dempo Cosmetic. Deiksis, 14(1): 51-62.

Searle, J. R. (1979). Expression and Meaning. Cambridge: Cambridge University.

Subroto, E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.