Strategi Inovasi Branding dan Marketing dalam Pengembangan Produk Potensi Desa dalam Upaya Peningkatan Kognitif Masyarakat Desa Neglasari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut

Main Article Content

M. Romi Okta Viano Romi
Moch. Agus Syadad
Ridwan Iskandar
Odang Rusmana
Ignatius Purwanggono

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi desa yang belum termanfaatkan maksimal oleh para masyarakatnya. Untuk dapat memaksimalkan hal tersebut, masyarakat perlu meningkatkan kemampuan kognitif terkait dengan strategi pengembangan produk potensi desa.  Kabupaten Garut memiliki potensi sumber daya alam yang beragam baik dari segi petanian, perkebunan, laut dan pantai sampai pada potensi sumber daya alam mineral. Salah satunya adalah Desa Neglasari Kecamatan Cisompet yang memiliki potensi produk olahan makanan yang dapat dikembangkan dalam upaya peningkatakan kesejahteraan masyarakat diantaranya keripik pisang dan rengginang. Penelitian ini dilakukan melalui kegiatan sosialisasi mengenai strategi inovasi branding dan marketing pada produk potensi desa  yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan sosialisasi dalam  upaya peningkatan kognitif masyarakat terutama para pelaku usaha rumahan di Desa Neglasari. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dan teknik wawancara untuk memperoleh data. Setelah wawancara awal dilakukan kepada masyarakat dan para pelaku usaha didapat informasi bahwa dalam memproduksi produk usaha mereka masih menggunakan metode konvensional dan kurang inovasi dalam aspek variasi rasa, kemasan dan pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait strategi branding dan marketing yang diperoleh dari hasil wawancara pasca kegiatan sosialisasi.

Article Details

How to Cite
Romi, M. R. O. V., Moch. Agus Syadad, Ridwan Iskandar, Odang Rusmana, & Ignatius Purwanggono. (2023). Strategi Inovasi Branding dan Marketing dalam Pengembangan Produk Potensi Desa dalam Upaya Peningkatan Kognitif Masyarakat Desa Neglasari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Masyarakat Pariwisata : Journal of Community Services in Tourism, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.34013/mp.v4i1.1360
Section
Articles

References

Desagarut.id. (2022). Web Desa Neglasari Garut. https://neglasari.kecamatancisompet.id/first

Framita, D. S., & Maulita, D. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Haimid, T., Rizky, D., & Dardak, R. A. (2012). Branding as a strategy for marketing agriculture and agro-based industry products. Economic and Technology Management Review, 7, 37–48.

Kemenperin. (2022). Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022

Morgan, N., Pritchard, A., & Pride, R. (2020). Country as brand, product and beyond: a place marketing and brand management perspective. Destination Branding, 55–71. https://doi.org/10.4324/9780080477206-13

Murdijaningsih, T., Adi Nugraha, G., & Maesaroh, S. (2022). PEMASARAN DAN FOTO PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 126–129. https://wikuacitya.unwiku.ac.id/index.php/wikuacitya/article/download/30/26

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business and Economic, 9(2), 184–204.

Nuraeni, L., & Harnanik. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, Volume 6(Nomor 2), hal 647-655.

Yahya, A. (2012). Paradox Marketing. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ww5SDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penjelasan+lanskap+wisata&ots=UmcO4x3hky&sig=pO3Pp4cbCIDihMQsuRo8DEmr6eg