Strategi Inovasi Branding dan Marketing dalam Pengembangan Produk Potensi Desa dalam Upaya Peningkatan Kognitif Masyarakat Desa Neglasari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi desa yang belum termanfaatkan maksimal oleh para masyarakatnya. Untuk dapat memaksimalkan hal tersebut, masyarakat perlu meningkatkan kemampuan kognitif terkait dengan strategi pengembangan produk potensi desa. Kabupaten Garut memiliki potensi sumber daya alam yang beragam baik dari segi petanian, perkebunan, laut dan pantai sampai pada potensi sumber daya alam mineral. Salah satunya adalah Desa Neglasari Kecamatan Cisompet yang memiliki potensi produk olahan makanan yang dapat dikembangkan dalam upaya peningkatakan kesejahteraan masyarakat diantaranya keripik pisang dan rengginang. Penelitian ini dilakukan melalui kegiatan sosialisasi mengenai strategi inovasi branding dan marketing pada produk potensi desa yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan sosialisasi dalam upaya peningkatan kognitif masyarakat terutama para pelaku usaha rumahan di Desa Neglasari. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dan teknik wawancara untuk memperoleh data. Setelah wawancara awal dilakukan kepada masyarakat dan para pelaku usaha didapat informasi bahwa dalam memproduksi produk usaha mereka masih menggunakan metode konvensional dan kurang inovasi dalam aspek variasi rasa, kemasan dan pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait strategi branding dan marketing yang diperoleh dari hasil wawancara pasca kegiatan sosialisasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Desagarut.id. (2022). Web Desa Neglasari Garut. https://neglasari.kecamatancisompet.id/first
Framita, D. S., & Maulita, D. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254
Haimid, T., Rizky, D., & Dardak, R. A. (2012). Branding as a strategy for marketing agriculture and agro-based industry products. Economic and Technology Management Review, 7, 37–48.
Kemenperin. (2022). Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022
Morgan, N., Pritchard, A., & Pride, R. (2020). Country as brand, product and beyond: a place marketing and brand management perspective. Destination Branding, 55–71. https://doi.org/10.4324/9780080477206-13
Murdijaningsih, T., Adi Nugraha, G., & Maesaroh, S. (2022). PEMASARAN DAN FOTO PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 126–129. https://wikuacitya.unwiku.ac.id/index.php/wikuacitya/article/download/30/26
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business and Economic, 9(2), 184–204.
Nuraeni, L., & Harnanik. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, Volume 6(Nomor 2), hal 647-655.
Yahya, A. (2012). Paradox Marketing. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ww5SDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penjelasan+lanskap+wisata&ots=UmcO4x3hky&sig=pO3Pp4cbCIDihMQsuRo8DEmr6eg