Pengembangan Potensi Desa Wisata Melalui Gerakan Masyarakat Sadar Wisata di Desa Wisata Margacinta, Pangandaran

Main Article Content

Odang Rusmana
Moch. Agus Syadad Saefullah
Ridwan Iskandar Sudayat

Abstract

Potensi desa dapat digali dan dikembangkan melalui kemampuan Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Keberadaan mereka perlu memiliki pengetahuan, keahlian dan pengalaman supaya dapat menjalankan fungsi dan perannya secara maksimal dengan harapan tujuan pariwisata dapat tercapai. Peningkatan kualitas Kompepar dan Pokdarwis dapat diupayakan melalui penyuluhan dan pelatihan serta pembinaan secara berkelanjutan. Materi Pelayanan Prima dan sadar wisata merupakan aspek yang diperlukan dalam memberikan pelayanan jasa kepada wisatawan. Dengan harapan mereka merasa puas dan berkelanjutan untuk mengunjungi objek wisata. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan dengan materi pelayanan prima dan sadar wisata guna meningkatkan kompetensi anggota Kompepar dan Pokdarwis Desa Margacinta. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari lima tahapan diantaranya, tahap survey lokasi dan observasi, tahap perizinan, tahap pengembangan materi, tahap kegiatan pembinaan dan tahap evaluasi kegiatan. Dari hasil kegiatan ini didapatkan hasil 100% peserta puas pada seluruh kegiatan ini.

Article Details

How to Cite
Rusmana, O., Syadad Saefullah, M. A., & Sudayat, R. I. (2024). Pengembangan Potensi Desa Wisata Melalui Gerakan Masyarakat Sadar Wisata: di Desa Wisata Margacinta, Pangandaran. Masyarakat Pariwisata : Journal of Community Services in Tourism, 5(2), 144–152. https://doi.org/10.34013/mp.v5i2.1586
Section
Articles

References

Hanapia, A. Y., Hamzah, R. A., & Sukarso, A. (2023). Pembentukan Eduwisata Sebagai Penunjang Usaha Sentra Lebah Madu Di Desa Margacinta Kabupaten Pangandaran. Abdimas Galuh, 5(1), 155. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9138

Kemenpar. (2019). UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. 1, 105–112.

Ramadhan, G., Saefullah, M. A. S., & Iskandar, R. (2023). Peningkatan Kualitas Kelompok Sadar Wisata Melalui Pembinaan Pelayanan Prima. Journal of Empowerment, 4(1), 75. https://doi.org/10.35194/je.v4i1.3517

Rusdiyana, E., & Permatasari, P. (2021). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Untuk Mendukung Pengembangan Desa Wisata Giripurno. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 3–9.

Saefullah, M. A. S., Iskandar, R., & Rusmana, O. (2023). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Puncak Lendra Desa Neglasari Kabupaten Garut. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 437–448. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.77

Salsabila, S. N., Anshori, M. I., Kamil, A., & Jamilati, N. (2024). Strategi Inovatif Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Industri Parawisata di Bangkalan. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 2(1), 176–190.

Silalahi, E., Abbas, & Suprianto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Istana Maimun. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.