Pelatihan Pengelolaan UMKM dalam Penyelenggaraan Event di Desa Panji, Bali

Main Article Content

I Nengah Wirata
Luh Putu Citrawati
Indah Kusumarini
Ratri Paramita
Nyoman Reni Ariasri
I Putu Esa Widaharthana
Ketut Arjaya
I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa
Ni Kadek Swandewi
I Gede Sumadi
I Gusti Ayu Ratih Asmarani

Abstract

 Desa Panji memiliki beragam produk usaha menengah dan kecil yang beberapa diantaranya sudah sampai tingkat nasional. Selain sebagai desa wisata, Desa Panji juga berhasil meraih juara 1 badan usaha milik desa tingkat nasional dan Desa Cemerlang terbaik se-Bali Nusra tahun 2022 dari 53 desa finalis. Potensi produk UMKM tersebut masih kurang terkelola dengan baik, terutama dalam berbagai event dan mendukung pengembangan pariwisata. Oleh karena itu, Program Studi Manajemen Event Politeknik Pariwisata Bali memberikan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan. Topik pelatihan tersebut adalah Pengelolaan UMKM dalam rangka Festival Desa. Peserta pelatihan adalah seluruh pemangku kepentingan Desa Panji, khususnya UMKM dan pelaku pariwisata. Luaran dari kegiatan ini adalah peserta mampu membuat perencanaan bisnis UMKM, desain produk yang lebih menarik, serta pengelolaan pameran UMKM dalam suatu event. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan tata kelola produk UMKM dan bersinergi dengan pengembangan pariwisata Desa Panji.

Article Details

How to Cite
Wirata, I. N., Citrawati , L. P., Kusumarini, I., Paramita, R., Ariasri, N. R., Widaharthana, I. P. E., Arjaya, K., Suprastayasa, I. G. N. A., Swandewi, N. K., Sumadi, I. G., & Asmarani, I. G. A. R. (2024). Pelatihan Pengelolaan UMKM dalam Penyelenggaraan Event: di Desa Panji, Bali. Masyarakat Pariwisata : Journal of Community Services in Tourism, 5(2), 153–161. https://doi.org/10.34013/mp.v5i2.1608
Section
Articles

References

Christiana, I., Bahagia, R., Putri, L. P., & Sitorus, R. S. (2022). Peran Komunikasi Bisnis Dalam Membantu Perkembangan UMKM. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 100-108. https://doi.org/10.53695/js.v3i1.700

Kanaani, E. (2005). Tourism and impact on rural societies. Dahati journal, 70(2), 38-42.

Mahmoudi, B., Haghsetan, A., & Maleki, R. (2011). Investigation of obstacles and strategies of rural tourism development using SWOT Matrix. Journal of Sustainable Development, 4(2), 136-141

Mostowfi, B. (2000). Agro-tourism and sustainable development, case study: Landscape design for Karyak village. Master's Thesis, University of Tehran, Tehran, Iran.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi UMKM. In Digitalisasi UMKM, 57-66. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Suprastayasa, I. G. N. A., Wirata, I. N., Citrawati, L. P., Sumadi, I. G., & Ariasri, N. R. (2024). Pelatihan Penyusunan Proposal Acara (Event) di Desa Wisata Panji, Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 6(1), 59. https://doi.org/10.30647/jpp.v6i1.1813

Syukron, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L. A., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159-164. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.282

Mezher, T., Nasrallah, W., & Alameddine, A. (2008). The management of technological innovation in Lebanese industry. International Journal of Arab Culture, Management and Sustainable Development, 1(1), 5-22. https://dx.doi.org/10.1504/IJACMSD.2008.020486

Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795-2805.