Pelatihan Pengelolaan UMKM dalam Penyelenggaraan Event di Desa Panji, Bali
Main Article Content
Abstract
Desa Panji memiliki beragam produk usaha menengah dan kecil yang beberapa diantaranya sudah sampai tingkat nasional. Selain sebagai desa wisata, Desa Panji juga berhasil meraih juara 1 badan usaha milik desa tingkat nasional dan Desa Cemerlang terbaik se-Bali Nusra tahun 2022 dari 53 desa finalis. Potensi produk UMKM tersebut masih kurang terkelola dengan baik, terutama dalam berbagai event dan mendukung pengembangan pariwisata. Oleh karena itu, Program Studi Manajemen Event Politeknik Pariwisata Bali memberikan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan. Topik pelatihan tersebut adalah Pengelolaan UMKM dalam rangka Festival Desa. Peserta pelatihan adalah seluruh pemangku kepentingan Desa Panji, khususnya UMKM dan pelaku pariwisata. Luaran dari kegiatan ini adalah peserta mampu membuat perencanaan bisnis UMKM, desain produk yang lebih menarik, serta pengelolaan pameran UMKM dalam suatu event. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan tata kelola produk UMKM dan bersinergi dengan pengembangan pariwisata Desa Panji.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Christiana, I., Bahagia, R., Putri, L. P., & Sitorus, R. S. (2022). Peran Komunikasi Bisnis Dalam Membantu Perkembangan UMKM. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 100-108. https://doi.org/10.53695/js.v3i1.700
Kanaani, E. (2005). Tourism and impact on rural societies. Dahati journal, 70(2), 38-42.
Mahmoudi, B., Haghsetan, A., & Maleki, R. (2011). Investigation of obstacles and strategies of rural tourism development using SWOT Matrix. Journal of Sustainable Development, 4(2), 136-141
Mostowfi, B. (2000). Agro-tourism and sustainable development, case study: Landscape design for Karyak village. Master's Thesis, University of Tehran, Tehran, Iran.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi UMKM. In Digitalisasi UMKM, 57-66. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Suprastayasa, I. G. N. A., Wirata, I. N., Citrawati, L. P., Sumadi, I. G., & Ariasri, N. R. (2024). Pelatihan Penyusunan Proposal Acara (Event) di Desa Wisata Panji, Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 6(1), 59. https://doi.org/10.30647/jpp.v6i1.1813
Syukron, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L. A., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159-164. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.282
Mezher, T., Nasrallah, W., & Alameddine, A. (2008). The management of technological innovation in Lebanese industry. International Journal of Arab Culture, Management and Sustainable Development, 1(1), 5-22. https://dx.doi.org/10.1504/IJACMSD.2008.020486
Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795-2805.