Peran Pembangunan Infrastruktur Pariwisata dalam Pembentukan Branding Pariwisata Lombok Pasca Pandemi

Main Article Content

Tegar Budisatria
Binsar Hamoraon Hasibuan
Stella Ghassani
Rachel Nazareth

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pasca pandemi Covid-19 di Lombok. Terlepas dari segala sisi negatif yang ditimbulkan oleh virus Covid-19 terhadap sektor pariwisata, masa pandemi ini dirasakan merupakan sebuah momentum yang akan sangat baik apabila dimanfaatkan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan yang ada sebelumnya. Menurunnya wisatawan membuat para pelaku usaha wisata dan pemerintah harus memikirkan bagaimana cara meredam efek pandemi dan kembali menarik wisatawan dengan lebih efektif. Pembangunan sirkuit Mandalika dipercaya merupakan senjata utama dari Lombok pada saat pandemi ini mengingat potensi pemasukan wisatawan yang besar bagi pariwisata Indonesia, khususnya Lombok. Diantara upaya lain ialah dengan meningkatan citra yang dapat dilakukan dengan cara memaksimalkan pengelolaan potensi destinasi wisata halal dan pembangunan infrasturkur berkelanjutan. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan studi literatur mendalam pada isu-isu yang diangkat melalui konsep nation branding yang secara holistik dapat membangun citra suatu kawasan yang masih berkembang. Dalam banyak hal, upaya branding dapat menaikan citra positif, namun upaya ini akan menjadi sia-sia apabila wisatwan tidak merasa puas akan realita lapangan terutama infrastruktur. Maka dari itu, untuk meningkatkan kunjungan tersebut diperlukan sinergi yang berkelanjutan antara pembangunan infrastruktur yang beriringan dengan promosi melalui branding pariwisata.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Binsar Hamoraon Hasibuan, Universitas Tanjungpura

Mahasiswa S1 Hubungan Internasional Universitas Tanjungpura

References

Artikel Jurnal:

Abdurradjak, A. A. M., dan Gosal, P. H. (2018). Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Infrastruktur Pariwisata pada Lokasi Wisata Kota Tidore Kepulauan. SPASIAL, 5(1), 71-81. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/spasial/article/view/19096.

Fathurrahim, F. (2020). Pariwisata NTB dalam Lingkaran Covid-19. Media Bina Ilmiah, 15(2), 4057-4062. https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.703.

Heru, Gunawan. (2017). Diplomasi Publik Rusia Melalui Rossotrudnichestvo Terhadap Amerika Serikat. Diploma thesis, Universitas Andalas, 15-18. http://scholar.unand.ac.id/30551/.

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Rachmawati, I. K. (2020). Citra Destinasi: Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung ke Gunung Bromo. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 96-108. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.4246

Karjaya, L. P., Mardialina, M., & Hidayat, A. (2018). Kebijakan Pariwisata Lombok untuk Melepaskan Ketergantungan Terhadap Pariwisata Bali Menuju Pariwisata Internasional. Transformasi Global, 3(2), 145-169. https://transformasiglobal.ub.ac.id/index.php/trans/article/view/53

Kurniansah, Rizal dan Hali, Muhammad Sultan. (2018). Ketersediaan Akomodasi Pariwisata Dalam Mendukung Pariwisata Perkotaan (Urban Tourism) Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Bina Wakya, 1(1), 39-44. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/JBW/article/view/243.

Lestari, R. B., & Aprilia, R. (2013). Membangun Nation Branding Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Sektor Pariwisata Indonesia. Prosiding PESAT, 5. http://www.ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/pesat/article/download/1225/1084.

Putri, R. A., Farida, N., & Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan (Studi Pada Pengunjung Domestik Taman Wisata Candi Borobudur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 225-235. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/7264.

Safitri I., Ramdan A. M dan Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734-741. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/7864.

Simarmata, Juliater., Yuliantini dan Keke, Yulianti. (2016). The Influence of Travel Agent, Infrastructure and Accommodation on Tourist Satisfaction. Dalam International Conference on Tourism, Gastronomy, and Tourist Destination (ICTGTD 2016) 28, 281-283. https://dx.doi.org/10.2991/ictgtd-16.2017.55.

Soedarso, S., & Nurif, N. (2014). Potensi Dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam Dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 7(2), 136-149. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v7i2.582.

Solemede, I., Tamaneha, T., Selfanay, R., Solemede, M., & Walunaman, K. (2020). Strategi Pemulihan Potensi Pariwisata Budaya di Provinsi Maluku (Suatu Kajian Analisis di Masa Transisi Kenormalan Baru). NOUMENA: Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan, 1(1), 69-86. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/N/article/view/177.

Subarkah, A. R., & Rachman, J. B. (2020). Destination Branding Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Halal. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 4(2), 84-97. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.53.

Wulung, S. R. P., Puspasari, A. H., Zahira, A. dkk. (2020). Destinasi Super Prioritas Mandalika dan Covid-19. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(2), 83-91. https://doi.org/10.31294/khi.v11i2.8552.

Zakariya, M. I., dan Dhahiyat, Y. (2017). Kontribusi Wisata Bahari Terhadap Pendapatan Nelayan Di Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Perikanan Kelautan, 8(1). http://jurnal.unpad.ac.id/jpk/article/view/13897.

Buku dan Laporan Pemerintah

Badan Pusat Statistik RI. (2019). Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Indonesia 2019. Diakses dari https://www.bps.go.id/publication/2020/07/03/4206448bd185bf883b73d414/statistik-hotel-dan-akomodasi-lainnya-di-indonesia-2019.html

Cull, N. J,. (2009). Public Diplomacy: Lessons from the Past. California: FIGUEROA Press,

Kementerian Pariwisata RI. (2015). Rencana Strategis Pengembangan Industri Pariwisata Tahun 2015-2019. Diakses dari https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1564021534_RENCANA_STRATEGISPENGEMBANGAN_DESTINASI_DAN_INDUSTRI_PARIWISATA_2015_-_2019.pdf.

Olins W. (2005) Making a National Brand. Dalam: Melissen J. (ed.) The New Public Diplomacy. Studies in Diplomacy and International Relations. Palgrave Macmillan, London. https://doi.org/10.1057/9780230554931_9.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2020). Analisis Data Covid-19 Indonesia: Update per 13 Desember 2020. Diakses dari. https://covid19.go.id/storage/app/media/Analisis%20Data%20COVID-19%20Indonesia/2020/Desember/Analisis%20Data%20COVID-19%20Mingguan%20Satuan%20Tugas%20PC19%20per%2013%20Desember%202020_compressed.pdf.

World Economic Forum. (2019). The Travel & Tourism Competitiveness Report 2019. Diakses dari http://www3.weforum.org/docs/WEF_TTCR_2019.pdf.

Internet

Affan, Heyder. (2018). Gempa Lombok: Nasib wisata Lombok, hoaks tsunami, dan eksodus ribuan turis. bbc.com. Diakses pada https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-45115092.

Aini, Nur. (2019). Jumlah Wisatawan Lombok Masih Terpengaruh Dampak Gempa. nasional.republika.co.id. Diakses dari https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/pp2v5n382/jumlah-wisatawan-lombok-masih-terpengaruh-dampak-gempa

Badan Pusat Statistik Provinsi NTB. (2020). Jumlah Akomodasi, Kamar, dan Tempat Tidur yang Tersedia pada Hotel Nonbintang dan Akomodasi Lainnya Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat, 2019. ntb.bps.go.id. Diakses dari https://ntb.bps.go.id/statictable/2020/10/15/205/jumlah-akomodasi-kamar-dan-tempat-tidur-yang-tersedia-pada-hotel-nonbintang-dan-akomodasi-lainnya-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-nusa-tenggara-barat-2019.html

CNN Indonesia. (2020a). Menjaga Harapan MotoGP Indonesia di Mandalika. cnnindonesia.com. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20210102081251-156-588626/menjaga-harapan-motogp-indonesia-di-mandalika.

CNN Indonesia. (2020b). Digelar Oktober 2021, MotoGP Indonesia Tunggu Tanggal Pasti. cnnindonesia.com. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20201005155151-156-554569/digelar-oktober-2021-motogp-indonesia-tunggu-tanggal-pasti.

Halim, Devina. (2020). Angka Pasien Sembuh 5 Mei Tertinggi Sejak Kasus Pertama Covid-19. nasional.kompas.com. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/05/05/17545261/angka-pasien-sembuh-5-mei-tertinggi-sejak-kasus-pertama-covid-19.

Hubungan Internasional UNTAN. (2020, 11 Desember). Peranan Akomodasi Pariwisata dalam Pembentukan Citra Pariwisata Lombok Setelah Pandemi [Video File]. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=h0yEk-Lb16c&t=78s

Humas Lipi. (2018). Perlu Pembangunan Infrastruktur Pariwisata untuk Peningkatan Nilai Tambah. lipi.go.id. Diakses dari http://lipi.go.id/berita/single/Perlu-Pembangunan-Infrastruktur-Pariwisata-untuk-Peningkatan-Nilai-Tambah/21336.

Komsary, Kasih Cakaputra. (2017). Pilar Pembangunan Kepariwisataan Indonesia. binus.ac.id. Diakses dari https://tourism.binus.ac.id/2017/04/20/4-pilar-pembangunan-kepariwisataan-indonesia/.

Lombok Post. (2020). Sambut Wisatawan, Mandalika Siap Implementasikan New Normal. lombokpost.jawapos.com. Diakses dari https://lombokpost.jawapos.com/praya/11/07/2020/sambut-wisatawan-mandalika-siap-implementasikan-new-normal/.

Mulyawan, Aditya. (2020). Upaya Memulihkan Sektor Pariwisata Indonesia Pascapandemi Covid-19. Diakses dari https://travel.kompas.com/read/2020/06/28/161137527/upaya-memulihkan-sektor-pariwisata-indonesia-pascapandemi-covid-19?page=all.

Nursyamsi, Muhammad. (2018). Asal Muasal Lombok Dikenal dengan Pulau Seribu Masjid. republika.co.id. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/18/02/22/p4ivb8284-asal-muasal-lombok-dikenal-dengan-pulau-seribu-masjid.

SuaraNTB. (2020). Dubes Azerbaijan Tertarik Berinvestasi di Lobar. suarantb.com. Diakses dari https://www.suarantb.com/dubes-azerbaijan-tertarik-berinvestasi-di-lobar/.

Subakti, Agung Gita. (2016). Hotel dan Sejarahnya. binus.ac.id. Diakses dari https://hotel-management.binus.ac.id/2016/08/01/hotel-dan-sejarahnya/.

Sugianto, Oky. (2020). Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaan. binus.ac.id. Diakses dari https://binus.ac.id/bandung/2020/04/penelitian-kualitatif-manfaat-dan-alasan-penggunaan/#:~:text=Penelitian%20kualitatif%20adalah%20penelitian%20yang,kunci%20(Sugiyono%2C%202005).

Suhendar, Rudi. (2018). Gempa bumi M 7.0 SR di Lombok Utara, NTB. magma.esdm.go.id. Diakses dari https://magma.esdm.go.id/v1/press-release/162?signature=35fbc8395b2abad3a02e32ce42f334fe1b3bf3f68b3377cdc70cf71f2c18c55f

Susetyo PR, Benny. (2008). Peranan Diplomasi Publik. ditpolkom.bappenas.go.id. Diakses dari http://ditpolkom.bappenas.go.id/basedir/Artikel/062.%20Peranan%20Diplomasi%20Publik%20(18%20Desember%202008).pdf

Tempo. (2020). Jurus Pemerintah dan Pelaku Wisata Lombok Bangkit di Tengah Pandemi. Diakses dari https://travel.tempo.co/read/1407762/jurus-pemerintah-dan-pelaku-wisata-lombok-bangkit-di-tengah-pandemi/full&view=ok.

Widiarny, Anissa Dea. (2019). Infrastruktur Berperan Penting untuk Kemajuan Pariwisata. travel.kompas.com. Diakses dari https://travel.kompas.com/read/2019/06/24/113626327/infrastruktur-berperan-penting-untuk-kemajuan-pariwisata?page=all

Wijaya, Sastra. (2020). Layanan Wisata di Yogyakarta, Bali dan Lombok Menunggu New Normal. abc.net.au. Diakses dari https://www.abc.net.au/indonesian/2020-06-05/industri-pariwisata-indonesia-menunggu-kebijakan-pemerintah/12325168.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19). who.int. Diakses dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19.

Yuniartha, Lidya. (2020). Imbas corona, PHRI catat kerugian hotel dan restoran capai Rp 70 triliun. nasional.kontan.co.id. Diakses dari https://nasional.kontan.co.id/news/imbas-corona-phri-catat-kerugian-hotel-dan-restoran-capai-rp-70-triliun.