Pendidikan Perdamaian Antar Agama sebagai Paket Wisata di Desa Wisata Kreatif Perdamaian Srumbung Gunung
Main Article Content
Abstract
Artikel ini membahas tentang pendidikan perdamaian lintas agama sebagai paket wisata di desa wisata kreatif perdamaian Srumbung Gunung, dan dampaknya bagi pesertanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Penelitian ini menemukan bahwa peserta yang mengikuti paket pendidikan perdamaian di desa wisata kreatif perdamaian Srumbung Gunung memiliki sikap lebih terbuka untuk menerima dan menghargai perbedaan agama, serta menjadi pembawa damai bagi komunitasnya. Hal itu menunjukkan bahwa pendidikan perdamaian sebagai paket wisata di desa wisata kreatif perdamaian Srumbung Gunung efektif untuk menjadi media membangun perdamaian antar pemeluk agama dan kepercayaan. Selanjutnya, pengembangan destinasi desa wisata perdamaian Srumbung Gunung dapat menjadi kontribusi lokal untuk menciptakan perdamaian antar pemeluk agama dan kepercayaan di Indonesia.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ariana, N. (2017). Penelusuran Wisata Damai Monumen Ground Zero Kuta. Pustaka Larasan
Creswell, J. W. (2019). Reserch Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (4trd ed.). Pustaka Pelajar.
D’amore, L. (2014). Peace through Tourism: An Historical and Future Perspective. In P. E. of the K. the Centre of Peace Research University Austria: International Handbook on Tourism and Peace.
Dachi, Zinzendorf. (2018). Menghadirkan Shalom Berdasarkan Yeremia 29:4-7. Illuminate: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen; Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. Vol 1, No 1, Juni, 43-58.
Fontain, S. (1999). Peace Education In UNICEF.
Ganes Harpendya, Sumantri, S. H., & Wahyudi, B. (2022). Pendidikan perdamaian: sebuah urgensi di tengah maraknya konflik sosial berdimensi suku, agama, ras, dan antar-golongan di indonesia. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(2), 77–86. https://doi.org/10.21009/jimd.v21i2.26488
Higgins-Desbiolles, F., Blanchard, L.-A., & Urbain, Y. (2021). Peace Through Tourism: Critical Reflections on the Intersections Between Peace, Justice, Sustainable Development and Tourism. Journal of Sustainable Tourism, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/09669582.2021.1952420
Jyoti Narayan Patra and, & Mete, J. (2002). Peace Education In 21 Century.
Lincoln, Erik, & Farida, Florence (n.d). Aku Bangga Jadi Diri Sendiri. Bandung: Satu-Satu.
Lincoln, E., & AmaLee, I. (2007). Peace Generation: 12 Nilai Dasar Perdamaian. Pelangi Mizan.
Mas Jerry Indrawan, R., & Widiyanto, B. (2016). Pendidikan Perdamaian Sebagai Bagian Dari Program Deradikalisasi : Sebuah Upaya Pencegahan Gerakan Terorisme Peace Education As a Part of Deradicalization Program : an Effort To Prevent Terrorist Movement. Jurnal Pertahanan, 6(1), 75–98. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=terorisme+melalui+mediasi&oq=#d=gs_qabs&u=%23p%3DRV3fJlqiPRMJ
Masamah, U. (2013). Pesantren dan pendidikan perdamaian. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 21. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.21-39
Nurcholish, A. (2012). Peace Education. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1.46
Neupane, M. (2013). Tourism as a Catalyst for Peace: Analyzing the Bright Sides of Tourism in Nepal. Thesis Centria University of Applied Science.
Ofojebe, R. F. (2014). Integrating Peace Education Into the Nigerian Basic Education Curriculum for a Lasting Peace and Environmental Sustainability. European Scientific Journal, 10(34), 154–170.
Rice, Chris. 2005. Reconciliation as the Mission of God, Christian Witness in a World of Destructive Conflict. Durham: Duke Divinity School, Center for Reconciliation
Suryana, W. (2021). Yenny Wahid Kembangkan Desa Damai di Sleman. https://www.republika.co.id/berita/qzt98n396/yenny-wahid-kembangkan-desa-damai-di-sleman
Sukendar, S. (2011). Pendidikan Damai (Peace Education) Bagi Anak-Anak Korban Konflik. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 271. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.158
Wahyudin, D. (2018). Peace Education Curriculum in the Context of Education Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 21. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12354
Wulandari, T.-. (2015). Menciptakan Perdamaian Melalui Pendidikan Perdamaian Di Sekolah. MOZAIK: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1), 68–83. https://doi.org/10.21831/moz.v5i1.4340
Yoder, Perry B. Shalom (1987). The Bible’s Word for Salvation, Justice and Peace Newtown: Faith and Life Press