Implementasi Protokol Kesehatan CHSE dalam Meningkatkan Kepercayaan Tamu di Hotel
Main Article Content
Abstract
CHSE merupakan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya oleh Kemenparekraf RI dalam mencegah meluasnya pandemic Covid - 19 di Indonesia. CHSE mengusung bersih, sehat, aman dan lingkungan yang ramah. Tren tamu saat ini adalah memilih tempat yang bersih dan aman dari covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi protokol Kesehatan CHSE di hotel, untuk mengetahui tingkat kepercayaan tamu untuk menginap dan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi implementasi CHSE. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif.
Informan dalam Penelitian ini adalah 3 General Manager dari Hotel yang dipilih, 15 tamu dari masing- masing Hotel serta studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif melalui prosesdata reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi protocol kesehatan CHSE sudah cukup berhasil dalam meningkatkan kepercayaan tamu untuk menginap. Tamu memiliki kepercayaan dengan adanya sertifikat CHSE yang dipajang di hotel dan media promosi lainnya menjadi satu jaminan penularan covid-19 dapat dieliminir. Faktor internal seperti dukungan sarana dan prasarana Kesehatan dan faktor eksternal yaitu adanya kerjasama dan koordinasi antar pihak terkait, kebijakan publik dan kesadaran pelanggan sangat mempengaruhi implementasi protocol Kesehatan CHSE
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bartik, A. W., Bertrand, M., Cullen, Z. B., Glaeser, E. L., Luca, M., & Stanton, C. T. (2020). How are small businesses adjusting to COVID-19? Early evidence from a survey (No. w26989). National Bureau of Economic Research
Devy Dwi Fajri. (2020). Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Karyawan Hotel di Masa Tatanan Normal Baru, Jurnal Abdimas Pariwisata Vol. 1 No. 2 Tahun 2020; hal 60-65
Fajar Adi Prakoso. (2020). Dampak Coronavirus Disease (Covid-19) Terhadap Industri Food & Beverages: Jurnal Manajemen Bisnis (JMB). 2020; 33 (1), 1-6
Gangwei Cai, Lei Xu, Weijun Gao. (2021). The green B&B promotion strategies for tourist loyalty: surveying the restart of Chinese national holiday travel after COVID-19, International Journal of Hospitality Management, Volume 94, 2021, https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102704.
Gursoy, D., Chi, C. G., & Chi, O. H. (2020). COVID-19 Study 2 Report: Restaurant and Hotel Industry: Restaurant and hotel customers’ sentiment analysis. Would they come back? If they would, WHEN? (Report No. 2), Carson College of Business, Washington State University.
Istijanto. (2008). Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia: Jakarta
Jano Jiménez-Barreto, Sandra Loureiro, Erik Braun, Erose Sthapit, Sebastian Zenker. (2021). Use numbers not words! Communicating hotels’ cleaning programs for COVID-19 from the brand perspective, International Journal of Hospitality Management, Volume 94, 2021, https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102872.
Kemenparekraf. Protokol Kesehatan CHSE. (2020) https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/siaran-pers- tingkatkan-kepercayaan- wisatawan-kemenparekraf-sosialisasi-protokol-kesehatan/
Maleong, L. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Publik. Alfabeta: Bandung
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta: Bandung