Penyusunan Media Promosi untuk Penyediaan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas dalam sebuah Event
Main Article Content
Abstract
Event manajer harus merancang event yang tidak mendiskriminasi siapapun agar seluruh pengunjung dapat menikmati berpartisipasi dalam event tanpa adanya batasan dari kebutuhan khusus yang mereka miliki. Oleh karena itu, Poltekpar NHI Bandung bersama Backstagers Indonesia, PPDI, dan ASPERAPI, merilis 3 (tiga) buku panduan yang dapat menjadi pedoman atau acuan bagi pelaku industri event dalam menyediakan akses bagi penyandang disabilitas untuk event pameran, konser musik, dan festival. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan kegiatan pemasaran sosial atas ketiga buku yang telah dirilis sehingga dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas. Denggan penggunaan metodologi Participatory Action Research (PAR), kegiatan ini telah menghasilkan media promosi sosial berupa video animasi dan infografis.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Boari, Y., & Yuniwati, I. (2024). PENGANTAR METODOLOGI PENGABDIAN MASYARAKAT. https://www.researchgate.net/publication/378870237
Gibson, C., & Connell, J. (2012). Music festivals and regional development in Australia. In Music Festivals and Regional Development in Australia. Ashgate Publishing Ltd. https://doi.org/10.3727/152599512x13461660017475
Hastings, G., & Domegan, C. (2023). Social Marketing: Principles and Practice for Delivering Global Change: Fourth Edition.
Hind, D., Disimulacion, M., Fernandez, K., Lin, K., Sharma, A., & Suroto, P. (2019). International Best Practice in Event Management: Based on The APIEM Certified Event Manager (R. Aprieska, E. Napitupulu, & Maryono, Eds.). Prasetya Mulya Publishing.
KEMENKO PMK. (2023, June 15). Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia.
Mercedessgalan-Laderoo, M., Alves Editors, H., & Business Cases, S. (2023). Social Marketing and Sustainable Development Goals (SDGs) Case Studies for a Global Perspective.
Muhamad, B. G. A. (2023). Festival Event Olahraga Internasional (S. M. Solin, Ed.; 1st ed.). Media Sains Indonesia.
Noor, A. (2013). Management Event.
Republik Indonesia. (2009). Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
Republik Indonesia. (2011). Undang-undang (UU) No. 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-hak Penyandang Disabilitas).
Republik Indonesia. (2016). Undang-undang (UU) No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2020 tentang Aksesibilitas Terhadap Permukiman, Pelayanan Publik, dan Pelindungan dari Bencana Bagi Penyandang Disabilitas.
United Nations. (2006). Convention on the Rights of Persons with Disabilities.
UNWTO. (2001). Global Code of Ethics for Tourism.